Terkait Penyebaran COVID-19, Apakah Ada Peraturan Dilarang Mudik Lebaran 2020?

Dilarang Mudik 2020
Dilarang Mudik 2020
Courtesy by kompas.otomotif.com

Juru bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menyatakan bahwa masyarakat dianjurkan untuk tidak melakukan mudik lebaran alias pulang kampung pada tahun ini terkait dengan penyebaran Covid-19 ini..

“Kami sudah sepakat bahwa keselamatan masyarakat adalah prioritas utama. Atas berbagai pertimbangan ini, maka kami melihat opsi kebijakan pelarangan mudik lebaran tahun ini”ucap Jodi Mahardi melalui keterangan tertulisnya pada hari Selasa (24/03/2020).

Namun, anjuran tersebut masih bersifat tentatif atau belum final untuk diputuskan. Anjuran tersebut masih baru diusulkan kepada Presiden RI Joko Widodo selaku pengambil keputusan.

“Semua ini masih belum keputusan final menunggu perkembangan kasus penyebaran Covid-19. Pemerintah mengutamakan keamanan dan keselamatan masyarakat luas termasuk ketika menghadapi bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2020,” ujarnya

Terkait Adanya Covid-19, Pemerintah Susun 3 Skenario Mudik Lebaran 2020

Sejumlah Kementrian dan lembaga terkait melakukan video conference membahas mengenai opsi kebijakan terkait Mudik Lebaran 2020.

Jodi Mahardi selaku Juru Bicara Mentrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyebutkan bahwa ada tiga opsi skenario yang tengah dibahas.

Pertama busines as usual yang artinya mudik lebaran 2020 sama seperti biasanya di tahun-tahun sebelumnya.

Kedua, meniadakan mudik lebaran gratis yang disediakan berbagai perusahaan. Ketiga, skenario pelarangan mudik.

“Ketiga skenario tersebut akan segera dilaporkan kepada Presiden RI Joko Widodo,” ujarnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy link
Powered by Social Snap