Dusun Bambu Bandung: Review Terlengkap

Dusun Bambu Bandung

Dusun Bambu Bandung – Jika kalian berlibur ke Kota Bandung bersama dengan keluarga ataupun kolega, pas banget kalau mengunjungi Dusun Bambu Bandung sebagai salah satu destinasi kalian karena terdapat berbagai area permainan, outbound, restoran, café dan pusat jajanan dengan berbagai pilihan kuliner, taman bunga, konservasi bambu, dan aktivitas outdoor seru sampai penginapan.

Dusun Bambu Bandung: Informasi Umum

Dusun Bambu sebelumnya adalah tanah pertanian yang sudah cukup lama ditinggalkan dan tidak produktif. Akhirnya, pada tahun 2008 sekelompok pengusaha dan pertanian Indonesia berinsiatif untuk memperbaiki ekosistem yang sudah rusak tersebut dan menjadikannya kawasan konservasi bambu.

Dusun Bambu Bandung mulai dikenal publik sekitar tahun 2014. Dari awal pertama beroperasi langsung menarik perhatian banyak turis lokal maupun mancanegara. Wajar saja karena dengan topografinya yang sedikit berbukit, pejalan kaki maupun komunitas motor menemukan tempat yang ideal untuk menjelajahi alam Burangrang dan tempat-tempat yang mengangkat tinggi kearifan lokal seperti adanya sawah bertingkat, danau kecil dan sungai kecil yang membedakan dengan tempat wisata lainnya.

Courtesy of travelspromo.com

Tempat wisata ini juga telah ditunjuk untuk melestarikan spesies tanaman asli pohon, bunga dan bambu. Di Dusun Bambu Bandung pengunjung dapat menjelajah alam dan tradisi lokal dengan cara yang menyenangkan.

Taman Bunga Dusun Bambu Bandung
Courtesy of Jejakpiknik.com

Aktivitas dan Fasilitas

Banyak hal yang bisa kita lakukan di dalam kawasan Dusun Bambu Bandung ini. Kita bisa sekedar menikmati suasana hijau dan sejuk bersama pasangan, menikmati kuliner di beberapa pilihan restaurant dan café yang tersedia seperti Lutung Kasarung, Purbasari, Burangrang, dan Khatulistiwa. Mencoba wahana – wahana outdoor yang seru, ataupun berjalan santai mengitari taman yang tertata indah  sambil mengabadikan momen dengan mengambil dokumentasi.

Baca juga:

Restaurant All You Can Eat di Bandung: Cukup 100ribu Makan Enak Sepuasnya!

Kelaparan Tengah Malam? Jangan Khawatir, Simak Rekomendasi Kuliner Malam Hari Bandung Yang Seru Kalian Coba!

Dari tempat parkir menuju area utama bisa kita tempuh dengan menggunakan fasilitas shuttle yang tersedia atau  berjalan kaki menyusuri sawah-sawah  dan istirahat sejenak di gazebo – gazebo yang sudah disediakan. Shuttle yang disediakan bagi pengunjung gratis dan dihiasi dengan berbagai macam bunga.

Courtesy of tripadvisor.co.id

Café dan Restaurant

1. Burangrang

Burangrang Dapur Indonesia menyediakan ruangan untuk meeting, arisan ataupun gathering. Terdiri dari 3 section area dengan masing masing pemandangan yang luar biasa akan menjadikan acara anda semakin berkesan. Selain itu, meeting di Burangrang memiliki konsep yang berbeda dari meeting biasanya, menyuguhkan konsep yang Open Air dengan Pemandangan ke arah taman bunga tentunya akan membuat acara meeting anda tidak membosankan.

Courtesy of Zomato.com

2. Purbasari

Menyediakan makanan dengan cita rasa khas Sunda yang masih sangat autentik seperti Sop Gurame Kang Epul, Hayam Geheng, dan Sambel Nyai Purbasari yang mampu mengobati rindu anda akan masakan traditional Sunda. Lokasi restaurant Purabasari ini berhadapan dengan Restaurant Burangrang dan mengusung konsep lesehan sembari menikmati pemandangan danau yang menentramkan.

Courtesy of nativeindonesiacom

3. Khatulistiwa

Menikmati ratusan macam menu mulai dari snack hingga makanan berat dengan konsep food court di Pasar Khatulistiwa. Terdiri dari 2 lantai dengan maksimum kapasitas 500 pax anda dan keluarga dapat menikmati kuliner dengan tempat yang nyaman setelah seharian explore di Dusun Bambu. Selain itu, bagi anda yang berasal dari luar kota, Anda bisa berbelanja buah tangan khas Dusun Bambu di Pasar Khatulistiwa. Selain itu kalian juga bisa berbelanja hasil pertanian yang masih segar seperti buah dan sayur yang ditanam oleh petani lokal binaan.

Courtesy of destinasiku.com

4. Lutung Kasarung

Di restaurant ini menyediakan menu Suki dan BBQ sebagai menu special dari Lutung Kasarung. Nikmatnya irisan beef yang di bakar dan hangatnya kuah suki menambah keceriaan makan siang atau malam anda dan keluarga ditambah lagi dengan suasana unik seperti di dalam sarang yang dimiliki oleh Lutung Kasarung. Selain menu suki mereka juga menyediakan menu tradisional dan menu nusantara.

Courtesy of travelingyuk.com

Jam Operasional dan Lokasi Dusun Bambu Bandung

Jika kalian ingin berlibur di Dusun Bambu  ini berlokasi di Jalan Kolonel Masturi Km 11, Cisarua, Kab. Bandung Barat. Tempat ini mudah untuk dijangkau baik dari arah Bandung ataupun dari Lembang.

Jam operasional Dusun Bambu Bandung adlah mulai dari pukul 09.00 – 21.00 dan di hari libur buka dari jam 08.00 – 23.00.

Menginap di Dusun Bambu Bandung

Setelah cukup beraktivitas dan menikmati kuliner dengan pemandangan yang asri dan hawa sejuk, kalian juga bisa menginap di resort dan villa yang juga tersedia di sini yaitu Kampung Layung atau Camping Ground. Bisa dipilih sesuai dengan keinginan kalian untuk menginap di nyamannya Kampung Layung atau sensasi seru glamping di Camping Ground Dusung Bambu Bandung.

Harga penginapan di Dusun Bambu Bandung memang cukup mahal dibandingkan penginapan biasa karena fasilitas dan kenyamanan yang disediakan juga terbilang lengkap dan cukup premium. Kalian bisa memilih 2 lokasi menginap; menginap di villa atau glamping di Camping Ground yang juga tersedia disana. Menarik, bukan?

Courtesy of booking.com
Courtesy of dusunbambu.id

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan pertanyaan yang sering diberikan pengunjung. Sumber di ambil dari google review.

Q: Apakah buka setiap hari?
A: Iya, buka setiap hari.

Q: Apakah ada dan bisa pesan ojek online dari Dusun Bambu?
A: Ada, tapi sering harus nunggu lama karena driver di sekitar lokasi jarang.

Q: Jika ingin berkunjung saja tanpa makan di lokasi apakah bisa? kira-kira dimana?
A: Bisa. Untuk tempat makan selain di lokasi, ada beberapa restoran di sepanjang jalan Parongpong. Atau bisa di Lembang juga.

Q: Apakah bisa jika bawa stroller atau kursi roda?
A: Bisa. Tapi di drop langsung di lokasi karena jarak dari tempat naik angkutan di dalam dusun bambu ke lokasi cukup jauh.

Q: Jalan ke lokasi bisa masuk bis besar?
A: Bisa. Jalan cukup lebar untuk bis besar, dan parkiran luas

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy link
Powered by Social Snap